Kamis, 01 Maret 2012

Ke Dokter

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

عِنْدَ الطَّبِيْبِ
KE DOKTER

Dengarkan dengan saksama audionya tanpa melihat teksnya. Setelah itu, bacalah teksnya dengan suara nyaring tanpa mendengar audionya. Kemudian dengarkan kembali audionya sambil melihat teksnya. Akhirnya, dengarkan lagi audionya tanpa melihat tulisannya. Ulangi hingga lancar dan anda bisa mengetahui teks dan maknanya hanya dengan mendengarkan audionya.

: الضغط مرتفع، والسكر أيضًا. ماذا حدث؟ الطبيب
Tekanan darah tinggi dan gula juga. Apa yang telah terjadi?
Dokter
: تناولت دواء الضغط، ودواء السكر. المريض
Saya telah minum obat tekanan darah dan obat gula.
Pasien
: أعتقد أنك لم تتبع الحمية. الطبيب
Saya yakin anda tidak mengikuti aturan diet (pantangan)
 
: هذا صحيح، فقد تناولت كثيرًا من السكريات والدهون والنشويات. المريض
Betul, saya telah mengkonsumsi banyak (makanan/minuman) yang mengandung gula dan kolesterol
 
: وأعتقد أنك لم تمارس الرياضة أيضًا. الطبيب
Dan saya rasa anda juga tidak melakukan olahraga
 
: حاولت ذلك، ولكن لم أستطع، فأنا مشغول دائمًا. المريض
Saya telah berusaha untuk itu, akan tetapi saya tidak sanggup. Karena saya selalu sibuk.
 
: حالتك خطيرة. لابد من الحمية، ولابد من الرياضة. الدواء وحده لا يكفي. الطبيب
Kondisimu mengkuatirkan. (Anda) harus mengikuti diet dan harus melakukan olahraga. Obat saja tidak cukup.
 
: ماذا أفعل يا دكتور ؟ المريض
Apa yang harus saya lakukan, wahai dokter?
 
: اتبع الحمية، ومارس الرياضة، وتناول الدواء، وقابلني بعد شهر. الطبيب
Ikutilah diet makanan, rajinlah berolahraga dan minum obat. Lalu datanglah kepadaku setelah sebulan.
 
( بعد شهر يقابل المريض الطبيب)  
Setelah sebulan pasien menghadap dokter
 
: الضغط عادي، وكذلك السكر. ماشاء الله ! ماذا فعلت ؟ الطبيب
Tekanan darahmu sudah normal, demikian pula kadar gula. Masya Allah. Apa yang anda lakukan?
 
: اتبعت الحمية، ومارست الرياضة، وتناولت الدواء. المريض
Saya mengikuti diet makanan dan rajin berolahraga serta minum obat
 
: أحسنت. قابلني بعد ستة أشهر. الطبيب
Bagus. Datanglah kepadaku setelah enam bulan.
 
: إن شاء الله، وجزاك الله خيرًا المريض
Insya Allah. Semoga Allah membalas kebaikanmu.
 
Ulangi kegiatan di atas hingga lancar lalu praktikkan bersama orang lain

0 komentar:

Posting Komentar